Sabtu, 28 November 2015

KERONCONG KITA MUSIK INDONESIA YANG MASIH BERTAHAN DENGAN SEDIKIT REGENERASINYA


Tokoh keroncong kita Indonesia tentu saja merupakan bagian dari dunia musik Indonesia. Mereka, tokoh keroncong kita adalah orang-orang dengan dedikasi tinggi terhadap musik keroncong kita. Memiliki ketertarikan serta keterikatan emosional dengan musik yang selalu dikhaskan dengan masyarakat Jawa.

biola alat musik keroncong kitaKeidentikan musik keroncong kita memang tidak bisa dihindari. Salah satu penyebabnya mungkin dari banyaknya penyanyi keroncong kita atau tokoh keroncong kita yang berdarah Jawa. Entahlah, rasanya penyanyi keroncong kita juga banyak yang berasal dari daerah lain, tapi yang lebih mendapatkan kesempatan mungkin para tokoh keroncong kita dari daerah Jawa.

Ciri khas musik keroncong kita yang mendayu-dayu dan bernada  lembut sepertinya menjadi salah satu faktor yang identik  dan semakin memperkuat kesan musik keroncong kita dengan tokoh keroncong kita berdarah Jawa. Mendengarkan musik keroncong kita , pasti akan langsung membawa kita ke dalam suasana Jawa yang khas.

Keberadaan tokoh keroncong kita  di Indonesia ini belakangan harus diakui mendapatkan sedikit ganjalan. Tertindas oleh kemajuan zaman, musik-musik keroncong kita  perlahan mulai tergeser oleh musik-musik beraliran masa kini. Berbeda ketika dulu musik keroncong kita masih menjadi jenis musik yang masih banyak digemari atau jaman keemasanya keroncong kita .

Meskipun demikian, musik keroncong kita nyatanya masih mempunyai dalam hati para penggemarnya. Acara-acara keroncong kita yang kini sudah tidak begitu banyak terdengar kenyataannya masih saja diminati dan dikunjungi oleh para penggemar   musik keroncong kita. Tokoh keroncong kita masih memiliki tempat  di hati para penggemarnya.

Musik keroncong kita berasal dari Portugis, dan berkembang di Nusantara lewat para pelaut dan budak kapal niaga bangsa tersebut. Di masa penjajahan, musik keroncong kita berkembang pesat dan melahirkan lagu-lagu keroncong kita dengan cita rasa nasionalisme yang kental. Salah satu tokoh keroncong kita  yang terkenal masa itu adalah Ismail Marzuki.

Selanjutnya, musik keroncong kita tetap populer di masa-masa awal kemerdekaan, bahkan terus bertahan hingga beberapa dekade berikutnya. Belakangan ini memang keroncong kita mulai berkurang popularitasnya dibanding musik-musik modern. Tokoh keroncong kita pun perlahan ikut kehilangan pamor. Namun, keroncong kita telah menjadi warna yang unik dalam perkembangan musik tanah air. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar